Posted by: sepanjanglempong | February 25, 2011

Misteri Gillermo Arriagra, eh Cicak dan Buaya

Misteri tidak hanya ada di masa depan. Tapi juga di masa lalu dan kini.

Ada bagian yang menjadi penting kecuali waktu untuk sebuah misteri. Yakni pemain yang menjadi bagian dari suatu peristiwa dengan sudut pandangnya tersendiri. Guillermo Arriagra adalah penulis film yang ahli di bidang ini. Tontonlah beberapa karyanya untuk memahami suatu peristiwa seperti 21 grams, Babel dan yang terakhir Burning Plan.

Sebuah kejadian di sebuah tempat, lalu kejadian di tempat lain, lalu kejadian lagi di tempat lain dihubungkan oleh suatu fakta untuk akhirnya mendapatkan gambaran yang untuh akan suatu peristiwa. Belum lagi waktu yang digerakkan maju , mundur atau kombinasi maju dan mundur bukan hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu penonton tapi juga untuk membangun suatu cerita agar nampak suatu kesatuan untuh Dari sudut pandang para pemainnya yang berbeda.

Ada suatu pelajaran yang kadang membuat kita terjerat adalah menganggap sudut pandang kita sendiri beserta frame waktu dan tempat yang kita miliki adalah yang paling benar. Sementara frame orang lain yang kadang kita tidak tahu justru sebetulnya membangun suatu peristiwa secara utuh. Film ini sungguh mirip kejadian yang sekarang kita alami dengan tohoh utama KPK, POLRI dan Kejaksaan.

Bedanya dengan film kita dipertotonkan tautannya sehingga di akhir cerita kita jadi tahu kejadian yang sebenarnya. Kini kita menunggu Persidangan dengan harapan terbongkarlah kebenaran itu di depan hukum. Persamaaanya adalah film jenis ini tak mudah dinikmati oleh semua orang.

Pendek kata termasuk agak rumit tidak seperti biasa film mengalir dari awal ke akhir mengikuti urutan waktu dan peran pemain. Drama hukum di negara tercinta ini juga begitu semua klaim fakta disejajarkan bersamaan. Keterangan juga dimunculkan maju mundur. Belum lagi dibungkus oleh kepiawaian dan ketangkasan para pengacara menjadi sebuah cerita yang makin melebar. Sulit ditebak memang.

Kita harus menonton hingga babak akhir untuk tahu jalinan cerita yang sesungguhnya. Kalau film sudah jelas, namun kalau percicakbuayaan ini bisa saja yang tidak terungkap utuh di pengadilan dianggap bukan suatu kebenaran. Artinya kalau itu sebuah film tidak pernah akan selesai ceritanya.

Jadi marilah kita tunggu tanggal mainnya ! Selamat menikmati …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: