Posted by: sepanjanglempong | January 14, 2009

Tukang Semprong di Warung Rawon Gabus

setelah seminggu lelah dan badan tak enak jelang flu
saya nekat ingin makan enak agar badan kembali bugar
maka denagn bersepedamotor saya pergi ke Bekasi, Jl Sudirman
ke rumah makan Pak Lukman yang menjual rawon ikan Gabus
ikan tawar yang tumbuh alami tidak diternakan ini diambil dengan dipancing
bumbu kluwek(pucung) yang susah didapat di pasar

Ketika menikmati hidangan empuk sedap bersambal hijau
dengan segelas jeruk bervitamin C tinggi
jelang hujan lagi lewatlah pedagang memikul lampu semprong
dipanggil oleh bu Lukman dan dibelilah
sebuah lampu baru 15 ribu serta kaca sebuah 5 ribu total 20 ribu

Bu Lukman berbaik hati memberikan makan pedagang tua ini
dengan nasi sup dan teh tawar panas juga rokok
merasa tidak enak hati sang pedagang memilih lagi satu kaca lampu
untuk diberikan dengan sepenuh hati sebagai ungkapan terimakasih
kepada ibu Lukman namun sang ibu menolaknya dengan ramah

Sungguh lucu sang pedagang hanya fasih berbahasa Jawa
dan ibu Lukman yang berbahasa Indonesia dialek Betawi
Kebetulan saya tahu keduanya jadilah saya juru bahasa
ketika kutanya bapak tua ini ternyata berasal dari Yogya
tak memiliki lagi tanah garapan dan berkata lirih
” yang penting saya kerjakan sesuatu daripada tidak sama sekali”
sebuah pernyataan sederhana petani penggarap yang menggugah saya

setelah merokok 1 batang rokok lintingnya
sang pedagang pergi setelah berterimakasih dan mendoakan
keberhasilan dan kemajuan usaha bu Lukman
persis doa orang biasa sederhana dan santun

kejadian sepele ini lewat begitu saja di hadapanku
kali ini aku belajar kebijaksaanaan hidup
bukan lewat buku atau cerita tapi lewat kejadian nyata
begitu banyak butiran permata bertebaran di sekitar kita
akhirnya setelah makan kenyang saya pulang
tak hanya sehat di badan juga sehat di hati


Leave a Reply

Categories

