Posted by: sepanjanglempong | September 9, 2008

Film Film Indonesia , Dokumentasi Budaya

Mas Gam bertanya kemana kau beli Film Soerabaja 45, saya jawab di Glodok
hanya ada 2 toko yang menjual khusus vcd film film Indonesia
dengat peluh keringat saya harus relan jongkok, berdiri lirik kiri dan kanan
kemarin jadi dapat : Janur Kuning, Sunan Gunung Jati dan
Mereak Kembali ( Ini berkisah perjuanagan Divisi Siliwangi yang Long march )
dulu kutemukan juga Si Pitung, Bandung Lautan Api, Wali Sanga, Sunan Kalijaga
dan Syeh Siti Jenar : harga sekarang naik dari Rp 7.500 menjadi Rp 10.000
ha ha ha …

Film pertama yang saya tonton, mungkin sudah susah carinya : Pangeran Gua
Selarong
dibintangi Ratno Timur mengisahkan perjunangan P Diponegoro
saya diajak nonton sekeluarga sama ayah ibu di bisokokp Semarang Teathre depan
GRIS
kemudian film kedua saya : Si Buta dari Gua Hantu, juga Ratno Timur
dengan dibonceng sepeda tromol saya diajak kakak saya nonton di Jl Mataram
kemudian tak terlupa adalah film fenomental Ratapan Anak Tiri
dimana seluruh gedung di GRIS nangis bercucuran air mata termasuk aku
apalagi ketika harus melihat adegan tidur di kuburan karena diusir ibu tiri

Saya tidak membela diri, tapi sebetulnya sebelum terkenal kejar setoran
terpaksa kita main sewilda ( sekitar wilayah dada ) dan bupati ( buka paha
tinggi2 )
film film kita bagus bagus, saya sempat memiliki Cut Nya Dien dan November
1828
bahkan saya mencari tak kunjung , dan mungkin tak ketemu film jadul :
Lewat Jam Malam semisal.
Syukurlah mas JB Kristanto membuat katalog film Indonesia cukup bagus bukunya
minimal kita bisa cerita ke anak anak kita nanti : dulu bapak nonton film ini

Film sebetulnya juga dokumentasi kebudayaan dan peradaban kita tak langsung,
Lihat aja ketika lihat Benjamen Sueb di film2 lama
jadi kondektur PPD …wah nyaman sekali melihat Jakarta tempo dulu
sungguh lenggang…. Hmmmm
saya paling geli kalau ketemu Helicak,
Juga lihat dandana Hamid Arief yang selalu jadi Boss, pakai tak koper ,
sarapan roti
minum jus jeruk, aik mercy, sopirnya pakai peci
atau tengoklah perjalan Warkop yang rajin bikin film setahun minimal 2
dari yang wajah masih mahasiswa culun masih ada almahrum Nano
hingga mereka gemuk dan botak


Leave a Reply

Categories

