Posted by: sepanjanglempong | August 28, 2008

Belajar Tentang Yahudi

Sudah lama aku terobsesi dengan Yahudi yang menggemparkan ini.
ternyata memang tidak mudah membahas Yahudi, apalagi menemukan literatur tanpa prasangka. Tulisan ini sekedar bercerita untuk memenuhi kepenasaranku sendiri semata,

Istriku iseng bertanya kok kamu sekarang getol membaca Yahudi kenapa ?
aku balas bertanya : ” Tahukah sayang kenapa : Bahasanya disebut Ibrani , bangsanya disebut Yahudi , negaranya Israel ?”
Sederhana tapi bikin mumet.

Ibrani bisa diartiksan sebagai keturunan nenek moyang Ibrahim : Ibri ( Hebrew ),
atau dikaitkan dengan suatu peristiwa disebut Ibrani karena pernah menyeberangi sungai
yang dimaksud bisa Sungai Yordania atau Euphrat.

Ibrahim beranak Ismail dan Ishak, Ishak diikarunia 2 anak Eso dan Ya’qub.
Ya’qub inilah yang disebut dengan Israel yang berasal dari 2 kata isra yang berarti hamba dak ell yang berarti Tuhan.

Dari mana istilah Yahudi muncul ? Katanya Ya’qub mengawini 4 wanita dan salah satu anak nya bernama Yahuda. bisa jadi sebutan Yahudi ditujukan kepada keturunnya.
Namun juga bisa berati mengacu pada kerajaan setelah jaman Sulaiman, yang merupakan kumpulan dari berbagai suku. Kerajaan itu adalah Israel dan Yudea sebelum dihancurkan oleh Babilonia dan penduduknya ditawan dan diboyong. Dari kata Yudea inilah orang Persia menyebutnya Yahudi.

Tuhan bangsa Yahudi disebut Yahwe, setelah vocal masuk ke dalam struktur bahasa Ibrani jadilah Jehovah. ada sebuah peninggalan dari tembikar yang ditemukan di Kanaan yang diperkirakan ada 3000 SM tertulis di atasnya nama Tuhan bangsa Kanaan :
Yah atau Yahoo …. ( Yahoo.com ? ). Atau asal muasal untuk sebutan orang yang jauh : Yahu.

Issue paling sensitif adalah masalah sebagai bangsa terpilih : choosen people.
Entah benar, entah tidak namun kalau kita berpikiran merdeka,
apa bedanya dengan Jerman di masa Hitler yang mengatakan ras Arya paling unggul.
Penganut aliran man was created equal tentu akan menyanggahnya.

Setelah terdiaspora ke seluruh dunia, mungkin hanya tersaingi oleh penyebaran orang China
( sampai ada ungkapan : there is always Chinatown except in China )
sungguh unik bangsa ini bisa kembali menyatu.
Dibangding etnis China yang eklusif dalam pernikahan, nyaris Yahudi berasimilasi dengan penduduk lokal hingga muncullah istilah Yahudi Rusia, Yahudi Eropa, Yahudi Amerika
yang tanda tanda phisiknya pun sudah susah dikenali. Seseorang yang dilahirkan dari ibu seorang Yahudi atau dibesarkan dalam tradisi Yahudi sah disebut orang Yahudi.
Genocoide yang mengerikan di PD II itu kirany yang memacu gerakan Zionis ajkan bahanya hidup sebagai bangsa yang terpencar dan diabwah kekausaan bangsa lain.

Selain Taurat yang sebagian besar kita bisa pelajari lewat Perjanjian Lama atau dalam Al Quran, Yahudi memiliki kitab Thalmud yang juga sangat diagungkan yang dianggap inteprestasi dari Taurat. Seorang Rabbi yang hidup 150 M bernama Yudas, dialah yang berjasa mengumpulakan naskah Talmud yang tercecer.

Kotak suci penyimpan 10 Perintah Allah yang terkenal itu disebut Tabut, dan katanya kuil pertama di bangun di dekat Madjidil Al Asqa disebutnya Haikal atau lebih dikenal sebgaio Synagogue nmaun banguna itu tak berbekas lagi.

Hari Sabtu yang berasal dari kata Shabbath adalh hari yang disucikan , tidak ada ynag bekerja. bahkan lebih keras dikatakan tidak ada dosa yang lebih besar dari tidak mensucikan hari Sabtu kecuali menyembah berhala. Hari Sabtu Tuhan beistirahan dan memerintahnkan hamba-Nya unutk beristirahat pula.

Yahudi juga memperingati Paskah walaupun dalam definisi lain degan Kristiani. Paskah dirayakan untuk memperingati Exodus dari Mesir dan terlepasnya mereka dari perbudakan.
karean mereka terburu buru maka hanya memabawa roti kering, tradisi ini diteruskan selam hari Paskah Yahudi hanya diperbolehkan makan roti kering

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: